Jakarta - Tanggal 28 sampai dengan 30 April
2015 Ikatan Mahasiswa Teknologi
Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI) melaksanakan Seminar Nasional, RAKORNAS IMATEPSI dan Kunjungan ke SEAMOLEC. Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi
tuan rumah dalam kegiatan ini, 11 Universitas di Indonesia ikut serta dalam
kegiatan ini dengan mengirim delegasinya termasuk Jurusan TP FIP UNDIKSHA.
Dalam mempersiapkan
diri untuk menghadapi
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),
Ikatan Mahasiswa Teknologi
Pendidikan Se- Indonesia
(IMATEPSI) melaksanakan koordinasi
dan monitoring program
kerja yang sudah dibentuk.
Ikatan Mahasiswa Teknologi
Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI)
adalah suatu organisasi
atau ikatan antara
mahasiswa atau mahasiswi Teknologi
Pendidikan se-Indonesia. Kegiatan
yang terdapat dalam IMATEPSI merupakan
suatu pemberdayaan mahasiswa
yang terkait dengan pendidikan.
Seminar Nasional, dengan tema
“Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan dan Menghadapi Tantangan di Masa
Depan” bersama Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc
Disampaikan Prof. Dr.
Yusufhadi Miarso, M.Sc Teknologi Pendidikan intinya adalah memfasilitasi orang
belajar bukan hanya menggunakan media. Jalur TP bukan hanya pendidikan formal
saja. Berikut ini pemaparan penulis buku
Menyemai Benih Teknologi Pendidikan dalam Seminar Nasional di UNJ.
Perlunya Sejarah
1 1. Mengetahui
apa yang berkembang dari waktu ke waktu
2. Mengetahui
sebab-musabab terjadinya perubahan
3 3. Mengambil
pelajaran dari masa lalu
4 4. Memperbaiki/tidak
mengulangi kesalahan yang ada
5 5. Melestarikan
nilai-nilai esensial dan memperbaruhi sesuai keadaan.
Kegiatan Pengembangan (1)
- Pengkajian dan Studi Kelayakan (1968-1973)
-Emerson
(1968) “Educational in Indonesia”
- Koch
(1969) “ Educational Radio in Indonesia”
- Willings
(1970) “Educational Broadcasting in Indonesia”
- Miarso
(1970) “The Development of Educational Broadcasting in Indonesia” Jamison
(1971) “Alternative strategis …”
- Alisyahbana
(1972) “Study of The Specification of Technology”
- Alwi
Dahlan (197) “The effect Educational in Broadcasting”
- LMUI
(1972) “The Management Educational Broadcasting
- Dll
- Kegiatan Pengembangan (2)
- Pendidikan
tenaga ahli di luar negeri (1970-1980)
- Sosialisasi
gagasan (Seminar Nas. SRP)- 1972
- Pelatihan
tenaga terampil (1972) Jakarta
-Ujji
coba produksi program siaran radio (1973)
-Ekperimen
di DIY, Jateng dan Irja (1973-1974)
- Evaluasi
hasil eksperimen (1975)
-Studi banding ke mancanegara (1975)- Kegiatan Pengembangan (3)
- Tim Studi para-investasi Teknologi Komunikasi untuk Pendidikan dan Kebudayaan >> STPN Telkom –Dikbud >> Pusat TKPK (1975-1978)
- Pendidikan tenaga ahli TP S1 1976; S2 & S3 1978 > Sekarang
- TKPLS & TKPD di 11 Propinsi 1976
- TKPT (ITB, IPDB, UNDIP, ITS, IKIP Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya & Malang muali 1976)
- Kegiatan Pengembangan (4)
- SMP Terbuka (1978)
- ECD Project (1978-1984)
- Rural Satelite Project (BKSPT –Intim) (1982 -1985)
- International Workshop on teaching St a distance 1982 >> konsep awal UT (1984)
- Serial TV Pendidikan Watak (ACI 1984)
- Televisi Pendidikan Indonesia (1991-2001)
- Indonesia Distance Learning Network (1994)
- SEAMOLEC (1997)
- Kegiatan Pengembangan (5)
- Nusantara 21 (1997-1999)
- Telematika (1998-2006)
- SMU terbuka (2000-2009)
- Pengembangna KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK se-Indonesia (2002-sekarang)
- TV Edukasi (2003-sekarang)
- Pengembangan TIK (Jardiknas 2005-sekarang)
Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc menjelaskan tantangan-tantangan yang
akan dihadapi oleh Teknologi Pendidikan masa kini maupun masa
depan
- Tantangan Masa Kini
1. Diperlukan
tenaga profesi dalam berbagai bidang pembangunan ekonomi (MEA)
2. Pendidikan
keahlian TEP sekarang lebih bersifat akademik
3. Lebih
mementingkan perkembangan teknologi (terutama TIK) – bukan usaha memfasilitasi
belajar dalam segala kondisi
4. Pengembangan
kurikulum sesuai KKNI
- Tantangan Masa Depan
1. Pengakuan
profesi
2. Peningkatan
karya dan publikasi
3. Perluasan
kerja sama dengan
- Depnakertrans
- Lembaga pendidikan nun-formal dan alternatif
- Lembaga Diklat
- Lembaga media
- Lembaga pendidikan profesi di luar negeri
- Ikatan profesi (IPTPI)
Nilai yang dipertahankan
- Hak semua orang untuk belajar
- Belajar terjalin sebagai proses sosial
- Sember belajar perlu dikembangkan, dimanfaatkan &dikelola dengan baik
- Perbedaan karakteristik pembelajar harus diperhatikan
- Learning to know to do. To be and to live together harmoniously
Demikian pemaparan Prof. Dr. Yusufhadi
Miarso, M.Sc dalam seminar “Sejarah Perkembangan Teknologi Pendidikan dan Menghadapi
Tantangan di Masa Depan” (Hima TP)
0 komentar:
Posting Komentar